03 April 2018

Mendikbud Amat Sesalkan Nilai UN Tidak Jadi Pertimbangan SNMPTN. Pelajar Juga Pak

Nilai UN Tidak Jadi Pertimabangan SNMPTN


Kamu Gemes Juga Ga Karena Nilai UN Gajadi Pertimbangan Kelulusan SNMPTN ???

Sayang banged ga sih, jadi banyak yang " ngeremehin "UN gitu kesannya :(

"Tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan hasil UN ini. Saya kira kalau ada lembaga yang mengabaikan kerja keras siswa-siswi yang telah menunjukkan tingkat kejujurannya yang tidak diragukan lagi, ini adalah suatu pelecehan," kata Mendikbud, bapak Muhadjir saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 27 Jakarta, Senin (2/4).
.
Dia menilai, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dari tahun ke tahun semakin kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga dia meminta agar semua pihak tidak lagi menyepelekan nilai UN yang menjadi hasil jerih payah para siswa dan siswi.
.
"Target kita ya agar pelaksanaan UN kita semakin bisa dipertanggungjawabkan tingkat kejujurannya, standarnya, dan saya rasa perkembangannya pun semakin baik," kata Muhadjir
.
Untuk diketahui, selama ini nilai UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tidak menjadi salah satu pertimbangan pada penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur SNMPTN hanya mengacu pada hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) saja
.
"Kami sepakat untuk tidak bergantung pada nilai USBN dan UN untuk jalur SNMPTN. Tapi USBN dan UN boleh dipakai untuk ujian mandiri," ujar Ketua Panitia SNMPTN dan SBMPTN 2018 Ravik Karsidi beberapa waktu lalu.

Sumber liputan : Republika

Bagikan

Jangan lewatkan

Mendikbud Amat Sesalkan Nilai UN Tidak Jadi Pertimbangan SNMPTN. Pelajar Juga Pak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.