17 January 2017

Kok SIMAK UI Meniadakan Mahasiswa Reguler ?

lingkungan kampus UI depok
Suasana Kampus UI

Tempo hari bersamaan dengan keluarnya jadwal resmi SNMPTN & SBMPTN 2017, Universitas Indonesia pun mengeluarkan pengumuman.

Anehnya, jika dilihat dengan teliti, UI tidak memasukkan mahasiswa reguler sebagai mahasiswa yang bisa masuk di jalur SIMAK UI. SIMAK UI hanya diperuntukkan untuk mahasiswa vokasi, sarjana paralel, pascasarjana, dan kelas internasional.

Kenapa ya ?

Berikut adalah pegumuman lengkap mereka lewat Fanspage :


Kemudian, melalui website resminya, UI memberikan penjelasan.

" Jalur SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan penelurusan prestasi akademik calon mahasiswa yang dilakukan oleh UI di bawah koordinasi panitia pusat. Sementara itu, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak, atau komputer.

Ketetapan tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Riset,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor No. 126 Tahun 2016  tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Alokasi daya tampung penerimaan mahasiswa S1 Reguler melalui jalur SNMPTN adalah sebesar 30 %, dan pada jalur SBMPTN sebesar 70 %.

Dengan ketetapan baru tersebut, maka penerimaan mahasiswa S1 Reguler melalui jalur SIMAK UI pada tahun ini ditiadakan. Namun, hal tersebut tidak mengubah daya tampung penerimaan mahasiswa S1 Reguler di UI.

Alokasi daya tampung yang sebelumnya ada pada jalur SIMAK UI akan didistribusikan pada jalur SBMPTN. "

Sayang sekali ya sekarang kamu dan teman - teman kelas 12 lainnya gabisa lagi ikut SIMAK UI kalau mau jadi mahasiswa kelas reguler.

Kalau menurut kamu, ini peluang atau ancaman ?

Oh, iya, untuk melihat jadwal lengkap SNMPTN & SBMPTN 2017, kamu baca disini ya

Download soal simak ui lengkap
Klik gambar





Bagikan

Jangan lewatkan

Kok SIMAK UI Meniadakan Mahasiswa Reguler ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.